Taka prima

Foto Saya
pemalang, Jawa Tengah, Indonesia
lahir di Cilacap, pernah sekolah di STM Dr.Soetomo Cilacap, pernah bekerja di PT.Darmali corp (pabrik obat anti nyamuk) Tanggerang Ka. Produksi th1982 s/d th1992, di PT.Supra tusaman abadi ( produksi obat anti nyamuk bakar Kingkong ) Tangerang Th 1987 Enginering, di PT.Sinar plataco unit Tangerang ( Produksi Obat Anti Nyamuk Baygon ) Kasi Produksi, di PT.Sumatera candi kencana (perkebunan kelapa hybrida 5000Ha) Palembang Ka. Prduksi & Internal Audit Th1994 s/d Th1998, di PT.Surya indah pratama (tepung batok 4mesin) Serang Ka. Pabrik Th1998 s/d Th2002. Th2002 Taka prima Work shop dan Selular phone Kontak 0888 24 88878 - 0813 269 88878 - 0818 030 88878 - 0815 4217 8878 -

Alangkah senangnya berbagi

Alangkah senangnya saling berbagi, karena sesungguhnya diantara kita saling mempunyai kelebihan dan kekurangan. harapan kami semoga semua ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua

Senin, 30 Mei 2011

Singkong tanaman kampung multiguna


          Cerita singkat mengenai Singkong


Kebanyakan Orang mengenal ( Manihot esculenta ) Singkong atau Ubikayu sebagai makanan tradisional atatau bisa disebut kampungan. dan pertama kali dikenal di Amerika Selatan yang kemudian berkembang di Brasil da Paraguay.
Namun ternyata setelah melalui berbagai macam pengolahan, Singkong dapat dibuat bermacam-macam jenis makanan penghasil Karbohidra dan disukai banyang Orang dari semua lapisan masyarakat hingga sampai kekota besar, bahkan banyak dibuat hasil industri komoditi Export dalam jumlah besar.
           Singkong kadang disebut juga Ketela pohon adalah jenis tumbuhan yang dapat tumbuh didaerah Tropis dan Subtropis, Tumbuhan ini sangat cocok di Indonesia, dapat tumbuh didataran tinggi maupun dataran rendah bahkan didaerah basah maupun kering.Umbi atau akar pohon dagingnya berdiameter sekitar 3-10Cm dan panjang mencapai 70Cm, daging singkong berwarna putih ada juga yang kekuning-kuningan tergantung dari jenisnya, ubi yang satu ini tidak tahan disimpan walau pada suhu dingin, biasanya singkong akan berubah warna menjadi biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat racun bagi manusia.
            Singkong adalah sumber energi yang kaya dengan karbohidrat tetapi sanagat miskin protein. namun pada daunnya singkong mengandung asam amino metionin merupakan sumber protein yang bagus.



Proses pengolahan tradisional
         Singkong dapat dijadikan berbagai macam produk olahan, dari mulai daging ubinya, limbah kasar dan limbah cairnya, Kulit, Kayu serta Daunya tidak ada yang terbuang.
Daunnya sebagai bahan sayuran dan kulit ubinya dapat digunakan sebagai makanan ternak, kayunya disamping sebagai benih juga dapat dijadikan kayu bakar.
Ubinya telah banyak kita ketahui saat ini sebagai bahan makanan yang banyak dijajakan dari mulai kaki lima sampai supermarket, dari mulai bentuk asli Singkong hingga bentuk olahan lain yang sulit dikenali bahwa makanan tersebut sesungguhnys terbuat dari singkong.



Proses pengolahandaging singkong
           Ubi singkong atau daging singkong utamanya dibuat Aci ( tepung tapioka ) dengan biaya investasi yang tidak terlalu besar sehingga dapat dijalankan oleh kalangan menengah kebawah. namun kendala pertamanya adalah  bau limbahnya sangat asam dan bila pengelolaan limbahnya kurang baik biasanya banyak dikomplain masyarakat sekitarnya apabila masyarakat tersebut tidak memahami dari segi ekonomisnya, kedua untuk pengeringan aci dengan Oven membutuhkan biaya yang sangat tinggi sehingga banyak digunakan dengan menggunakan panas matahari ( dijemur ) antara 2-3 hari. 





Proses pengolahan limbah padat
           Ampas tapioka biasanya disebut Onggok banyak sekali dibutuhkan sebagai bahan dasar Obat anti nyamuk bakar ONB, saos, kerupuk dan makanan ternak. untuk bahan ONB dibutuhkan dalam jumlah sangat besar, kebutuhan dalam negeri sendiri selalu kekurangan.
Untuk kebutuhan pakan ternak biasanya dijual dalam kondisi basah dan kering, sedangkan untuk bahan industri setelah dikeringkan onggok digiling hingga halus.
Kembali disini kendalanya adalah pengeringan yang membutuhkan panas matahari 2-3 hari



Kesimpulan
           Dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan pemasukan daerah mulai dari petani singkong, pekerja kebun, pekerja pabrik, pedagang singkong dan masih banyak lagi untuk menyerap tenaga kerja lokal  sehingga dapat mengurangi pengangguran dan kemiskinan.




Penawaran
           Kami menawarkan pembuatan mesin-mesin yang berkaitan dengan pengolahan singkong dari mesin pembuat tepung tapioka  hingga mesin pembuat tepung onggok. dan sudah banyak digunakan didaerah Lampung, Pati, Tasikmalaya, Palembang, Bekasi, Tanggerang, Serang, Surabaya, Banjarmasin, Purbalingga, dan Jambi.

1 komentar: